Rabu, 10 Desember 2014

Cake Pandan Kukus



Sehari setelah Lidah Kucing kelar, rasanya saya sudah "gatal" ingin bikin kue lagi. Setelah memeriksa tempat persediaan, saya melihat ada botol esens pandan yang belum dibuka. Jadi, setelah dipikir-pikir, saya memutuskan untuk membuat Cake Pandan Kukus, atau biasa dikenal dengan sebutan Brokus Pandan. Pada dasarnya, resepnya sama dengan resep cake di sini, tapi saya mengubah takaran gulanya karena menurut perkiraan saya tanpa cokelat bubuk rasanya pasti akan terlalu manis. Berikut ini resepnya:

CAKE PANDAN KUKUS

Bahan A:
175 gram gula pasir
6 butir telur
1 sendok teh emulsifier (misalnya SP)

Bahan B (ayak dan campur):
125 gram terigu protein sedang (misalnya merk Jade, Segitiga Biru)
50 gram susu bubuk
3/4 sendok teh bakpuder

Bahan C (campur):
175 gram mentega/margarin cair
1 sendok makan pasta pandan
2 sendok makan susu kental manis
beberapa tetes pewarna hijau

Bahan D (opsional):
75 gram keju cheddar
buttercream
ceri merah/hijau

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, oles shortening, alas dengan kertas roti, dan oles lagi tipis-tipis dengan shortening. Saya menggunakan loyang ukuran 30 x 10 x 6 cm.
2. Siapkan kukusan dan panaskan.
3. Mikser Bahan A sampai mengembang dan kental. Berhentilah mengocok bila adonan sudah berjejak dan tak ada gelembung udara di permukaannya.
4. Masukkan Bahan B sedikit demi sedikit dan aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
5. Masukkan bahan C, aduk balik sampai tercampur.
6. Periksa kukusan dan pastikan airnya sudah mendidih cukup lama.
7. Tuang seluruh adonan ke loyang dan kukus selama kurang lebih 20 menit. Untuk memastikan kematangan, bisa lakukan tes tusuk dengan lidi atau tusuk gigi.
8. Setelah matang, keluarkan loyang dari kukusan dan tunggu sebentar sebelum dibalik.
9. Setelah dingin, oles kue dengan buttercream, taburi keju parut, dan hias bagian atasnya dengan ceri (saya tidak melakukan tahapan ini karena selak ingin mencicipi).

Cake Pandan Kukus pun jadi dengan sukses. Tidak terlalu manis, legit, dan kami semua suka.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...