Selasa, 21 April 2015

Puding Jagung


Kemarin malam tiba-tiba saya ingat bahwa masih memiliki dua kaleng jagung pipilan. Jadi, tadi pagi, setelah memeriksa ternyata bahan yang kurang hanya tinggal santan, maka saya pun membelinya dan langsung terjun ke dapur membuat penganan ini.

Resep puding ini saya dapat dari kakak sepupu, tapi sayangnya contekannya terselip. Karena itu, saya membuatnya berdasarkan ingatan. Untung saja buatnya simpel, jadi tingkat kegagalannya sangat kecil.

PUDING JAGUNG

BAHAN UTAMA:
2 kaleng jagung pipilan, tiriskan
1200 ml santan dari 1 butir kelapa (buang kulit arinya)
1 kaleng susu kental manis
1/2 kaleng tepung custard
1/2 sendok teh garam

BAHAN OPSIONAL:
gula pasir secukupnya (saya menambahkan 2 sendok makan)

CARA MEMBUAT:
1. Tuang tepung custard ke panci, dan masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
Jangan sampai bergerindil.
2. Masukkan bahan-bahan lain.
3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk dengan sendok kayu sampai mendidih
dan kental benar. Matikan api.
4. Sendok ke dalam wadah-wadah kecil.
5. Biarkan dingin.


Taraaaa...! Meskipun tadi sempat ketar-ketir, rasa puding ini ternyata persis yang saya ingat. Dan saya juga ingat bahwa sebelum mencicipi puding ini, saya bukan penyuka kue berbahan jagung. Tapi rupanya rasa gurih-gurih manisnya berhasil meruntuhkan ketidaksukaan saya. Apalagi setelah disimpan di lemari es. Tidak bisa berhenti!

CATATAN:
Tekstur puding ini tidak sekokoh bila kita menggunakan agar-agar atau jelly, tapi lebih mirip bubur sumsum. Sehingga cara makannya disendok dari wadah, tanpa dibalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...