Jumat, 06 November 2015

Puding Sedot Jeruk Saus Karamel



Sebenarnya saya tidak sengaja membuat puding sedot ini. Tadinya yang hendak saya bikin adalah Puding Baby---itu lho, puding yang teksturnya lembut banget. Tapi kemudian karena saya melihat sedotan yang sejak dibeli belum pernah dipakai satu pun, maka saya berubah pikiran.. dan jadilah puding ini.

PUDING SEDOT JERUK SAUS KARAMEL

Bahan Puding:
1 bungkus agar-agar bubuk
1/2 sendok teh garam
1 kaleng susu kental manis putih
100 gram gula pasir
2.500 ml air
2 kuning telur
1 sendok teh orange flavor (bukan orange pasta)

Cara membuat:
1. Campur agar-agar bubuk, garam, susu kental manis, gula pasir, dan air. Rebus sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
2. Ambil sedikit rebusan puding, masukkan kuning telur, dan aduk rata.
3. Masukkan kembali campuran ini ke rebusan puding, aduk cepat.
4. Tambahkan orange flavor, nyalakan api, masak sambil diaduk sampai mendidih.
5. Masukkan ke botol-botol kaca.
6. Dinginkan.

Bahan Saus Karamel:
100 gram gula pasir
300 ml air
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan maizena, larutkan dengan 1 sendok makan air
100 ml krim kental
100 gram white cooking chocolate, potong-potong

Cara membuat:
1. Gosongkan gula pasir sampai jadi karamel.
2. Masukkan air (awas keciprat!), masak sampai karamel larut dan larutan mendidih.
3. Tambahkan garam dan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup.
4. Tambahkan krim kental dan white cooking chocolate. Aduk hingga larut.
5. Angkat dari api, dan dinginkan.
6. Tuang di atas puding.
7. Simpan di kulkas.


Sungguh menyegarkan menikmati puding ini saat udara sedang panas. Anak-anak suka sekali, dan mereka beberapa kali membawanya sebagai bekal ke sekolah. Tapi karena bagi saya pribadi sausnya agak kemanisan, saya menaburkan kopi instan dulu baru kemudian menikmatinya.

Untuk puding sedot lain yang sudah saya praktikkan, bisa dilihat di sini. Enak juga. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...