Selasa, 24 November 2015

Puding Sutra Stroberi


Sepertinya hari-hari saya kurang lengkap kalau pas buka kulkas tidak menemukan puding. Tapi karena masih capek dan malas menimbang bahan, tadi saya membeli bubuk puding susu (stroberi) dan satu kaleng susu evaporasi. Saya ingin membuat puding sutra jenis lain, yah selingan dari Puding Sutra Jeruk yang resepnya banyak beredar di dunia maya.

Setahu saya, puding sutra memerlukan banyak cairan agar diperoleh tekstur yang lembut. Karena itu, saya tidak menggunakan resep yang tertera di kemasan, tetapi menambahkan lebih banyak cairan dan bahan-bahan lain agar rasanya sesuai. Maka, jadilah resep di bawah ini... Hasil coba-coba bagi orang yang tidak mau ribet seperti saya. Dan karena anak-anak pesan agar pakai vla, maka saya pun membeli bubuk vla instan. Yah, supaya cepat kelar sehingga saya bisa segera kembali ke komputer.

Puding Sutra Stroberi

Bahan puding:
1 bungkus bubuk puding stroberi (contoh: Puding Susu Strawberry "Nutrijell")
1 kaleng susu evaporasi (misalnya: F&N, Dairygold, Marigold, dll)
1200 ml air
9 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
garam sedikit
1/2 sendok teh pasta stroberi
3-5 tetes pewarna merah

Cara membuat:
1. Campur bubuk puding, susu evaporasi, air, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Rebus sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.
2. Tambahkan pasta stroberi dan pewarna, aduk sampai tercampur. Masak kembali sambil diaduk sampai mendidih.
3. Matikan api, aduk-aduk adonan sampai uapnya hilang.
4. Masukkan ke cup atau wadah puding lain yang pemakaiannya satuan.
5. Biarkan dingin.

Bahan vla (opsional):
1 bungkus vla instan rasa vanilla
250 ml air panas

Cara membuat dan penyelesaian:

Aduk bubuk vla dan air panas sampai tercampur rata (tidak bergerindil) dan mengental. Sisihkan. Jika suka, tambahkan vla di atas puding.



Anak-anak berebut makan puding ini, dan hanya mereka yang melahapnya dengan vla. Sedangkan kami yang sudah besar, cukuplah menikmati puding tanpa tambahan apa-apa. Sungguh, lembut sekali. Saya jadi tertarik untuk mencoba menggunakan bubuk puding instan yang rasa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...