Jumat, 13 November 2015

Puding Susu Evaporasi (Vanilla)


Karena setiap kali memeriksa stok bahan kue, saya melihat susu evaporasi, akhirnya tadi terpikir oleh saya untuk mengolahnya jadi puding. Waktu sedang tahap persiapan, anak-anak pulang dari sekolah, dan mereka minta agar pudingnya menggunakan vla. Berhubung harus buru-buru kembali ke laptop karena ada dua deadline berturutan, maka saya pun mengambil jalan pintas, yaitu mengunakan vla instan. Memang tidak kreatif, tapi daripada saya dapat teguran... :D


PUDING SUSU EVAPORASI

Bahan Puding:
1 bungkus agar-agar plain
1 kaleng susu evaporasi
2 1/2 kaleng air (gunakan kaleng bekas susu evaporasi)
14 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sendok teh garam
1 kuning telur
1/2 sendok teh pasta vanilla (bisa diganti dengan pasta yang diinginkan)

Cara membuat:
1. Campur agar-agar, susu evaporasi, air, gula pasir, dan garam. Rebus sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.
2. Ambil sedikit rebusan puding, masukkan kuning telur, dan aduk rata.
3. Masukkan kembali campuran ini ke rebusan puding, aduk cepat.
4. Tambahkan pasta vanilla, nyalakan kembali api, dan masak sambil diaduk sampai mendidih.
5. Masukkan ke cup atau botol kaca.
6. Dinginkan.

Bahan Vla Cokelat:
1 bungkus vla instan rasa cokelat
250 ml air panas

Cara membuat dan penyelesaian:
Aduk bubuk vla dan air panas sampai tercampur rata (tidak bergerindil) dan mengental. Sendokkan di atas masing-masing puding.


Karena kami semua doyan cokelat, saya dan anak-anak menaburi vla dengan cokelat chips. Enak banget lo, suwerrr. Oh ya, dengan wadah seperti dalam foto, saya mendapat lima belas botol puding. Kalau menggunakan cup-cup plastik, saya rasa jumlah jadinya 22-23 buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...