Kamis, 20 November 2014

Cake Cokelat Kukus

Akhirnya saya bikin brokus. Sebutan brokus ini sebenarnya kurang tepat, karena brownie pasti dipanggang dan teksturnya seperti kue bantat. Tapi cukuplah membahas soal itu. Mulai sekarang, saya akan menyebut kue ini cake cokelat kukus atau bahasa Inggris-nya chocolate steamed cake; dan resep yang saya gunakan adalah resep Ny. Liem. Ketinggalan zaman banget ya, mengingat bukunya terbit sudah lama sekali. Tapi tidak apa-apa deh, it's better late than never. 


Ceritanya, ini percobaan pertama, dan saya sudah sempat waswas kuenya akan bantat karena saat dimasak, sempat ada yang buka kukusan. Tapi ternyata sukses. Fiuh, lega. Keberhasilan memang datang kepada orang-orang yang mau berusaha; misalnya meluangkan waktu untuk mengayak tepung dan cokelat padahal biasanya langsung cemplung, melelehkan cokelat dengan baik dan benar, dan mengalas loyang dengan kertas roti padahal seringnya cuma oles-oles mentega.

Selanjutnya, pembuatan kue ini sendiri tidak rumit. Hanya perlu memikser, mengaduk pakai spatula, mengukus, dan.... taraaaa, jadi deh cake-nya. Oh ya, diaduk pakai balloon whisk juga bisa, tapi tidak disarankan, karena pasti akan melelahkan mengingat prosesnya cukup lama. Nah, berikut ini resepnya:

CAKE COKELAT KUKUS

Bahan A:
6 butir telur
225 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanili
1 sendok teh emulsifier (misalnya SP)
1/4 sendok teh garam

Bahan B (ayak dan campur):
125 gram terigu protein sedang (misalnya merk Segitiga Biru, Jade, dll)
50 gram cokelat bubuk

Bahan C (lelehkan):
100 gram dark cooking chocolate
175 gram mentega/margarin

Bahan D:
75 gram susu kental manis

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, oles margarin, alas dengan kertas roti, dan oles lagi tipis-tipis dengan margarin. Saya menggunakan loyang ukuran 30 x 10 x 6 cm.
2. Siapkan kukusan dan panaskan.
3. Mikser Bahan A sampai mengembang dan kental. Berhentilah mengocok bila adonan sudah berjejak dan di permukaannya tak ada gelembung udara.
4. Masukkan Bahan B sedikit demi sedikit, dan aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
5. Masukkan Bahan C, aduk rata.
6. Periksa kukusan dan pastikan airnya sudah mendidih cukup lama.
7. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masukkan sepertiga adonan ke loyang, lalu kukus selama 10 menit.
8. Sementara menunggu, masukkan Bahan D ke satu bagian adonan dan aduk rata. Setelah 10 menit, buka tutup kukusan dan masukkan adona ini. JANGAN KELUARKAN LOYANG DARI KUKUSAN. Kukus lagi selama 10 menit.
9. Buka lagi tutup kukusan, dan masukkan sisa adonan. Kukus selama 20 menit.
10. Setelah matang, keluarkan loyang dan tunggu beberapa saat sebelum dikeluarkan.

CATATAN:
Margarin dan mentega dapat saling menggantikan atau bahkan dikombinasikan. Selain itu, dapat juga diganti dengan minyak sayur, atau minyak jernih biasa (misalnya cap Ikan Dorang), sebanyak 175 gram


Dan, cake pun jadi dengan cantik. Tadi sore saya menikmatinya bersama anak-anak di teras ditemani secangkir teh hangat. Nikmat sekali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...