Kamis, 13 November 2014

Chocolate Chip Mint Cookies



Kemarin, setelah pulang ke rumah dari mendampingi Syahrul mengikuti lomba mewarnai ibu dan anak, saya keluar lagi untuk berbelanja kebutuhan di supermarket. Waktu sampai di lorong permen, sontak saya mencari permen choco mini Delfi sebagai penghilang lelah setelah hampir seharian berada di luar. Sayangnya, permen favorit saya ini sedang kosong. Jadi, pulanglah saya dari supermarket dengan gundah gulana (jiaaah, segitunya...). Hahahaa, enggak kok.

Nah, tadi pagi, setelah melihat bahwa saya masih punya stok cokelat chips dan esens mint, saya bertekad membuat chocolate chips cookies dengan rasa seperti permen itu. Resep yang saya gunakan standar saja; yaitu resep chocolate chips cookies yang biasa saya gunakan, lalu menambahkan esens mint dan pewarna hijau ke adonan. Berikut ini resepnya:

CHOCOLATE CHIP MINT COOKIES

Bahan:
175 gram terigu protein rendah (misalnya kunci biru)
1/2 sendok teh soda kue
125 gram butter
100 gram gula halus
1/4 sendok teh garam
1 telur
1/2 sendok teh esens mint
8 - 12 tetes pewarna hijau untuk makanan
175 gram cokelat chips

Cara membuat:
1. Siapkan loyang yang sudah dioles mentega.
2. Ayak terigu dan soda kue. Sisihkan.
3. Mikser butter, gula, dan garam sampai lembut, lalu masukkan telur bersama esens mint dan mikser lagi sampai tercampur.
4. Tambahkan pewarna, dan aduk rata dengan spatula atau sendok kayu. Hentikan penambahan warna bila Anda sudah mendapat rona yang diinginkan.
5. Masukkan cokelat chips. Aduk menyebar.
6. Masukkan campuran terigu dan soda kue tadi.
7. Cetak ke loyang dengan menggunakan dua sendok sampai adonan habis. Beri jarak, karena ketika dioven adonan akan mbleber (ehm, apa ya bahasa Indonesia-nya?).
8. Oven dengan suhu 150 derajat celsius selama 25 menit, atau sampai bagian bawah kue kecokelatan.
9. Keluarkan dari oven, tunggu sebentar agar bagian bawah kukis mengeras, lalu pindahkan ke cooling rack.
10. Setelah dingin, simpan ke dalam wadah kedap udara.

CATATAN:
a. Adonan memang agak lembek karena saya ingin teksturnya renyah. Namun bila Anda waswas, tidak terbiasa dengan adonan yang lembek dan "nyenyek", bisa tambahkan 1-2 sendok makan terigu.
b. Anda juga bisa menambahkan gula jika merasa adonan kurang manis.
c. Waspadalah selalu dengan panas oven agar mendapat kukis yang cantik. Senang, kan, kalau kue buatan kita enak sekaligus cantik? Pastilaaah!
d. Penggunaan margarin akan membuat takaran terigu berubah.

Nah, jadi deh chocolate chip mint cookies. Isi loyang pertama amblas dimakan ramai-ramai bersama anak-anak saat transit di cooling rack. Sisanya disisihkan untuk Ririn, sang juru cicip. Jujur saja, mengingat ini percobaan pertama, saya menunggu komentarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...