Kamis, 31 Desember 2015

Meringue Cookies


Untuk memanfaatkan sisa putih telur, kemarin saya mencoba membuat Meringue Cookies. Ini kali kedua saya melakukannya, setelah percobaan pertama dengan hasil kurang memuaskan karena warna kuenya agak kecokelatan dan bagian tengahnya kurang crunchy, alias masih lengket-lengket. Kesalahan saya rupanya terletak di temperatur oven. Untuk mendapat Meringue Cookies yang cantik, suhu oven harus rendah dan proses pemanggangannya lama. Karena menggunakan oven gas biasa, maka saya harus menjaga agar oven tetap berada di suhu rendah. Tapi ketelatenan kita melakukan itu pasti akan terbayar, dan kita akan mendapat Meringue Cookies yang memuaskan.

Resep yang akan saya bagi ini berasal dari buku Yasa Boga. Tapi karena kurang suka pada rasanya yang plain pada percobaan pertama, saya menambahkan remah-remah cornflake dan irisan dark cooking chocolate.

Meringue Cookies

Bahan:
2 putih telur
120 gram gula bubuk
1/4 sendok teh air jeruk nipis
sejumput teh garam
1/8 sendok teh vanili
2 sendok makan irisan dark cooking chocolate
3 sendok makan remah-remah cornflake  

Cara membuat:
1. Kocok putih telur dan garam sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan mengembang dan kaku.
2. Masukkan vanili dan air jeruk nipis sambil diaduk rata.
3. Tambahkan dark cooking chocolate dan cornflake, aduk menyebar.
4. Ambil adonan satu sendok teh, letakkan di loyang yang sudah dialas kertas roti. Beri jarak.
5. Panggang dengan suhu 110 derajat celsius selama kurang lebih 60 menit, matikan oven, dan biarkan loyang tetap di dalam sampai oven jadi dingin.
6. Keluarkan loyang, dan segera simpan kue ke dalam wadah kedap udara.

Saking tidak sabarnya, saya mencomot kue ini tak lama setelah oven dimatikan, dan langsung jatuh cinta pada rasanya. Anak-anak juga suka sekali. Mereka bilang rasanya mirip-mirip wafer. Sepertinya Meringue ini bakal jadi andalan kalau ada sisa putih telur lagi.

Dan sebagai penutup, mengingat sekarang tanggal 31 Desember, ini akan jadi tulisan terakhir saya di tahun 2015. Selamat Tahun Baru, dan mudah-mudahan tahun 2016 akan membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi kita semua. Aamiin ya robbal 'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...