Senin, 23 Februari 2015

Tart Susu

Beberapa waktu lalu saya chatting dengan Rainy, teman waktu di SCTV. Kebetulan hari itu saya akan membuat egg tart (whipped cream) dan dia akan menengok ibunya, yang tinggal tak jauh dari rumah kami. Ketika mengetahui itu, saya bertanya apakah dia ingin mencicipi tart susu buatan saya, yang tentu saja mendapat tanggapan positif.

Singkat cerita, setelah mencicipi, Rainy bertanya apakah dia bisa memesan kue sejenis tapi yang lebih ekonomis. Katanya, untuk jajanan anak-anak di sekolah Ais, putrinya. Jadi saya mengusulkan tart susu ini, yang segera disetujui olehnya. Kesepakatan pun dibuat.

TART SUSU

BAHAN KULIT/CRUST (diadaptasi dari sini)
300 gram margarin
2 sendok makan munjung gula halus
500 gram terigu protein sedang
10-12 sendok makan air es yang dingin
garam sedikit

CARA MEMBUAT:
1. Dalam sebuah wadah, campur margarin, gula halus, dan terigu. Aduk dengan sendok kayu.
2. Tuang air es sedikit demi sedikit. Berhentilah bila adonan sudah kalis, dan tambahkan bila dirasa adonan masih kering.
3. Padatkan dan bulatkan adonan agar mudah dipulung.
4. Cetak adonan ke dalam cetakan tart susu yang sudah dioles tipis dengan mentega putih. Lakukan sampai adonan habis. Sisihkan.

BAHAN ISIAN/FILLING (diadaptasi dari sini):
1 kaleng susu kental manis
4 kuning telur
50 gram custard powder
500 ml air matang
1 sendok teh pasta vanilla
garam sedikit 

CARA MEMBUAT:
1. Campur susu kental manis, garam, dan air, aduk rata.
2. Ambil sedikit cairan susu, gunakan untuk melarutkan custard powder, dan tuang kembali ke dalam adonan susu. Aduk rata.
3. Masukkan kuning telur dan pasta vanilla susu, aduk rata, dan saring.
4. Adonan isi siap digunakan.

PENYELESAIAN:
1. Tuang adonan isi ke dalam cetakan yang sudah dilapisi bahan kulit sampai penuh. Lakukan sampai adonan habis. Saya mendapat 33 cup tart susu.
2. Panggang dengan suhu 140 derajat Celsius sampai adonan isi set dan berwarna kekuningan (oven saya sekitar 1 jam). Angkat dan keluarkan.
3. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan.

Tadi sore kue ini sudah diambil, dan besok dibawa ke sekolah. Mudah-mudahan teman-teman Ais suka; sebesar rasa suka anak-anak di rumah yang menghabiskan kelebihan pesanan dalam sekejap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...