Minggu, 22 Februari 2015

Brownie Tart


Sepertinya saya sedang keranjingan bikin kue yang pakai cup, karena seminggu yang lalu dua kali saya melakukannya. Egg tart (whipped cream) dan brownie tart ini. Rasanya senang melihat kue-kue seperti ini berjajar rapi di rak kawat saat menunggu dingin. Ada perasaan tenang bahwa anak-anak akan punya camilan homemade, atau kalau kedatangan tamu, ada kue yang bisa disuguhkan.

Adapun resep kulit brownie tart ini saya ambil dari sini, sedangkan brownie-nya saya menggunakan resep PennyLane Brownies NCC.

BROWNIE TART

BAHAN KULIT:
150 gram margarin
1 sendok makan gula halus
5 sendok makan air es
250 gram terigu protein sedang (misalnya segitiga)

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan dan aduk dengan sendok kayu sampai berbutir-butir. Padatkan dan bulatkan, lalu letak ke dalam cetakan egg tart yang sudah dioles shortening.

BAHAN ISI (PennyLane Brownies):
4 telur
400 gram gula kastor
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vanili bubuk
200 ml minyak sayur
70 g cokelat bubuk
220 g terigu protein rendah
150 50 gram kenari panggang
100 50 gram dark chocolate chips
50 gram irisan almond untuk hiasan

CARA MEMBUAT:
1. Siapkan oven 180 derajat celsius.
2. Ayak jadi satu terigu dan cokelat bubuk.
3. Kocok telur, gula, garam, dan vanili sampai kental dan gula larut. Matikan mikser.
3. Tuang campuran tepung dan cokelat ke adonan telur. Aduk rata dengan spatula.
4. Masukkan minyak goreng, aduk lagi sampai tercampur rata.
5. Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
6. Tuang ke cetakan yang sudah dilapisi dengan bahan kulit.
7. Oven selama 20-35 menit.
8. Keluarkan dari oven, biarkan dingin sebentar, lalu keluarkan dari cetakan.


Kue ini rasanya cokelat banget. Makan satu saja tidak cukup bagi saya dan anak-anak. Sungguh bikin ketagihan. Dan Ririn, adik saya, yang saya kirimi beberapa untuk dicicipi, berpendapat sama. Jadi, saya menyimpan catatan resep ini dengan cermat, siapa tahu saja dia minta dibuatkan karena masih kepingin tapi sudah keburu habis. Hihihii....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...