Minggu, 21 Agustus 2016

Puding Sedot Cokelat



Sudah lama juga saya tidak bikin puding. Jadi tadi pas anak-anak minta dibuatkan puding cokelat, terpikir oleh saya sekalian saja mempraktikkan resep Slurpy Chocolate Pudding, atau puding sedot rasa cokelat, yang resepnya sudah lama saya salin dari sini. Waktu melihat resep itu, terbayang oleh saya puding dingin yang rasa susu cokelatnya kuat dan teksturnya sangat lembut.

Tapi, supaya susu cair cokelat yang dibeli tidak tersisa, saya menggunakan seluruhnya sehingga total penggunaan susu adalah dua liter. Berikut ini resepnya setelah saya melakukan hitung-hitungan kasar.

SLURPY CHOCOLATE PUDDING

Bahan:
2 liter susu cair cokelat
4 gram agar-agar bubuk
1/4 sendok teh munjung garam
45 gram cokelat bubuk, ayak
85 gram gula pasir (bisa ditambah jika suka manis)
85 gram dark cooking chocolate, potong-potong

Cara membuat:
1. Campur agar-agar, garam, cokelat bubuk, dan gula pasir di panci.
2. Sambil diaduk, tambahkan susu sedikit demi sedikit agar tidak ada gumpalan.
3. Masak sambil terus diaduk sampai mendidih.
4. Tambahkan potongan cokelat, aduk lagi hingga larut.
5. Tuang ke dalam botol, biarkan dingin, lalu simpan di dalam kulkas.


Gampang, kan? Rasanya pun enak. Menurut sumbernya, puding ini dikonsumsi dengan disedot. Tapi saya lebih suka menikmatinya menggunakan sendok. Selain memastikan kelembutan tekstur, kalau tinggal sedikit kan malu rasanya sruput-sruput ribut. Hihi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...