Selasa, 27 Oktober 2015

Semprit Jadul


Setelah tiga bulan terbengkalai---akibat agak sering bepergian dan absennya asisten rumah tangga---akhirnya saya kembali mengisi blog. Kali ini dengan kue kering semprit. Saya lebih suka menyebutnya Semprit Jadul, karena rasanya mengingatkan saya kepada semprit yang biasa saya makan waktu masih kecil. Adapun resepnya, saya mengambil dari buku Yasa Boga (Kue Kerang), tapi dengan mengurangi takaran gula karena kami sekeluarga tidak begitu suka manis.

SEMPRIT JADUL

Bahan:
100 gram margarin
100 gram butter
125 gula bubuk
250 terigu protein rendah (misalnya merk Kunci Biru atau Zircon)
sedikit garam
3 sendok makan maizena
1/2 sendok teh bakpuder
1 kuning telur
kismis atau selai stroberi secukupnya (untuk hiasan)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak jadi satu terigu, maizena, dan bakpuder. Sisihkan.
2. Mikser mentega, gula bubuk, dan garam hingga lembut.
3. Masukkan kuning telur, mikser hingga tercampur.
4. Masukkan campuran tepung, aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.
5. Masukkan adonan ke kantong plastik segitiga yang telah diberi spuit dan semprotkan ke loyang yang telah dioles margarin sampai adonan habis.
6. Tambakan potongan kismis sebagai hiasan.
7. Oven sampai matang dan kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

 
Karena menggunakan butter, jelas kue ini jadi renyah sekali. Dan mengingat kami sekeluarga penggemar kismis, tentu saja yang masuk ke perut lebih banyak daripada yang disimpan dalam stoples.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...