Senin, 08 Juni 2015

Soft Pudding (Chocolate-Vanilla)



Berhubung cuaca yang panas, sepertinya hal paling menarik untuk dilakukan adalah menikmati yang adem-adem, seperti puding. Jadi, setelah memeriksa stok bahan dan menemukan semua tersedia, maka saya pun langsung mengeksekusi resep Bunda Dea Andreanti Anggraeni, yang saya dapat dari grup kuliner di facebook. Kembali ke dapur ceritanya, setelah sekitar sebulan tekun mengedit buku ini. Novel tentang perempuan muda yang oleh mendiang ibunya ditinggali daftar cita-citanya dulu saat masih remaja, dan kemudian harus dia wujudkan agar bisa memperoleh warisan. Ceritanya riang sekaligus mengharukan. Mirip-miriplah dengan P.S. I Love You (Cecilia Ahern). Tidak akan kecewa membacanya.

Oh, kembali ke puding... Puding ini gampang sekali pembuatannya, dan rasanya enak. Percayalah, awalnya saya yang kurang yakin saat melihat hasil akhirnya jadi kesengsem pada rasanya. Berikut ini resepnya.

SOFT PUDDING (CHOCOLATE-VANILLA)

BAHAN A (ADONAN BAWAH):
1 liter susu cair
1 1/2 sendok teh agar-agar bubuk plain
5 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 kuning telur
1 sendok teh vanilla extract

CARA MEMBUAT:
1. Masukkan susu cair, agar-agar, garam, dan gula pasir ke panci, lalu jerang sampai mendidih sambil terus diaduk. Matikan api. Sementara itu, kocok lepas kuning telur.
2. Ambil 2 sendok sup adonan susu dan tuang ke wadah kuning telur. Aduk sampai tercampur, lalu tuang kembali campuran ini ke dalam adonan susu sambil diaduk dengan cepat.
3. Nyalakan kembali api, dan masak adonan sampai mendidih. Angkat.
4. Tuang vanilla extract, aduk rata, dan tuang ke wadah-wadah kecil setinggi separuhnya. Biarkan mengeras.

BAHAN B (ADONAN ATAS):
1 liter susu cokelat cair
1 1/2 sendok teh agar-agar bubuk plain
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
50 gram dark cooking chocolate, potong-potong kasar
1 kuning telur

CARA MEMBUAT:
1. Masukkan susu cokelat cair, agar-agar, garam, dan gula pasir ke panci, lalu masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Matikan api. Sementara itu, kocok lepas kuning telur.
2. Ambil 2 sendok sup adonan susu cokelat dan tuang ke wadah kuning telur. Aduk sampai tercampur, lalu tuang kembali campuran ini ke dalam adonan susu cokelat sambil diaduk dengan cepat.
3. Nyalakan kembali api, dan masak sampai mendidih.
4. Masukkan dark cooking chocolate, dan aduk sampai cokelat larut. Angkat.
5. Panas-panas, tuang di atas adonan putih yang sudah mengeras. Biarkan dingin.
6. Masukkan ke kulkas, dan sajikan dalam keadaan dingin.


Puding ini begitu lembut di lidah sehingga sebenarnya dapat diseruput dengan sedotan. Rasanya yang gurih-gurih chocolatey sungguh bikin ketagihan. Anak-anak sangat suka, dan mereka mengusulkan agar dibuatkan yang versi stroberi-cokelat. Yah, sepertinya menarik untuk dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...