Jumat, 16 Januari 2015

Cheesy Chocolate Chip Cookies

Depan: Cheesy Chocolate Chip Cookies

Pas kemarin lagi kepingin-kepinginnya makan kue yang cheesy dan chocolatey, saya beberes lemari es dan menemukan cream cheese yang tanggal kedaluwarsanya sudah dekat. Jadi, supaya tidak terbuang percuma, saya pun mengolahnya.

Awalnya, saya ingin membuat cake, tapi setelah googling dan tidak menemukan resep yang pembuatannya cukup mudah, saya beralih ke kue kering. Akhirnya, saya menemukan resep di sini, yang kemudian takaran gulanya diubah karena saya tidak begitu suka manis. Berikut ini resep versi saya.


CHEESY CHOCOLATE CHIP COOKIES

BAHAN:
320 gram terigu protein rendah (misalnya kunci)
1 sendok teh bakpuder
1 sendok teh garam
170 gram mentega tawar
60 gram cream cheese, suhu ruang
50 gram gula halus
120 gram gula palem
2 telur
1 sendok teh esens vanilla
300 gram cokelat chip

CARA MEMBUAT:
1. Ayah terigu, bakpuder, dan garam. Sisihkan.
2. Mikser mentega, cream cheese, gula halus, dan gula palem sampai pucat dan lembut.
3. Masukkan telur satu per satu sambil terus dimikser sampai tercampur.
4. Tambahkan campuran adonan terigu sedikit demi sedikit, dan aduk dengan spatula hingga tercampur.
5. Tutup adonan dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama 4 jam.
6. Cetak adonan sedikit demi sedikit menggunakan dua sendok teh, dan letakkan di loyang yang sudah dialas baking sheet. Beri jarak.
7. Oven selama 15 menit dengan suhu 160 derajat celsius.
8. Keluarkan loyang, biarkan kue tetap di tempatnya selama beberapa menit, lalu pindahkan ke rak kawat.
9. Setelah dingin, simpan kue ke dalam wadah kedap udara.

CATATAN/TIPS:
1. Kue memang masih agak lembek sewaktu dikeluarkan dari oven, tapi akan mengeras setelah sekitar sepuluh menit.
2. Untuk cookies yang menggunakan cream cheese, sebaiknya gunakan baking sheet agar bagian bawah kue tidak cepat hangus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...