Kamis, 29 Januari 2015

Blueberry Cheese Mug Cake



Ternyata sudah sepuluh hari saya tidak berkutat dengan adonan. Sepertinya karena di rumah selalu ada kue icip-icip dari kursus di sana-sini, semangat saya hanya berkisar di seputar menikmati masakan orang lain dan jalan-jalan mencari wadah atau cetakan untuk mempraktikkan hasil kursus. Tapi, rupanya, setelah sekian hari pun kemalasan saya masih belum beranjak.

Akhirnya ketika kembali ke komputer untuk menebus waktu yang hilang, rasanya ada yang kurang dalam hari saya. Baking. Apa pun, pokoknya bikin kue. Jadi, sebagai pemanasan setelah "libur" cukup lama, saya pun membuat cake in a mug lagi. Resepnya saya lihat dari sini, tapi kemudian saya modifikasi sedikit karena yang ada dalam stok bubuk blueberry.

BLUEBERRY CHEESE MUG CAKE

BAHAN:
8 sendok makan terigu serbaguna (misalnya merk segitiga atau jade)
2 sendok makan mentega tawar, lelehkan
3 sendok makan gula pasir
1 telur
1 sendok makan susu cair
1/2 sendok teh bakpuder
1/2 sendok teh bubuk blueberry
1 sendok makan keju parmesan bubuk (opsional)

CARA MEMBUAT:
1. Kecuali keju, aduk semua bahan. Kocok sebentar dengan garpu. Saya melakukannya sambil menunggu oven mencapai panas yang saya kehendaki.
2. Taburi keju parmesan.
3. Oven dengan suhu 200 derajat celsius selama 15 - 20 menit, atau untuk lebih afdolnya tes kue menggunakan tusuk gigi. Jika lidi yang ditusukkan keluar dengan bersih tanpa jejak adonan, berarti kue sudah matang.


Awalnya saya meragukan rasa kue ini, tapi ternyata keraguan saya tidak beralasan. Bubuk blueberry dan mentega yang ditambahkan menimbulkan aroma yang menggiurkan saat pemanggangan, sampai-sampai saya penasaran kepingin kuenya cepat matang dan bolak-balik menyorotkan senter ke dalam oven. Apalagi setelah matang. Saya harus benar-benar menahan diri agar tidak menghabiskannya sekaligus. Satu hal yang saya sayangkan adalah warna ungu blueberry-nya yang tidak keluar, malah cenderung berwarna kecokelatan. Tapi hal itu sudah ditebus kok dengan rasa yang lezat.

Bagaimanapun, kue inilah yang akan saya buat kalau tiba-tiba ingin sesuatu yang berasa blueberry dengan proses kilat. Mungkin dengan taburan keju yang lebih banyak, atau bahkan menggunakan irisan besar keju cheddar....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...